Penumpang Ojol yang Aneh

"pernah loh mas, saya kesel banget dapet pelanggan yang minta berhenti sebentar di tukang martabak..."
Si driver melanjutkan. Saat berhenti yang bilangnya sebentar, sampai lima belas menit dia menunggu, masih belum selesai. Pelanggannya cuma kasih kode tangannya "lima menit lagi".
Ternyata beli martabaknya nggak satu, pantesan lama. "sepanjang jalan saya ngegerundel aja, nyebelin banget pelanggan kayak gini"
Pas sampai di rumahnya, pelanggan menyodorkan sekotak martabak, "ini buat mas nya... Maaf ya nunggu lama tadi. Saya sengaja beli lebih buat mas nya"
Jleb... "saya langsung merasa bersalah udah kadung sebel dan kesel sama pelanggan, ternyata dia baik banget" si driver sampai berkaca matanya bercerita begini. Saya bayangkan bagaimana binar matanya saat si pelanggan kasih martabak yang sengaja dibeli buat dia.
Cerita driver ojol lainnya. Pernah juga dia kaget pas jemput ternyata penumpangnya dua orang, ibunya sama anak lelakinya yang sebenarnya sudah remaja. Harusnya bisa naik ojol sendiri. "yang kayak gini nih, pelanggan nggak mau rugi" pikirnya.
Yang ada, sepanjang jalan berasa pegel juga badan, karena duduk cuma diujung jok. Dua penumpang gede-gede. "untung aja nggak terlalu jauh"
Pas sampe lokasi pengantaran, si ibu tanya, "berapa tadi mas? Dua belas ribu ya? "
Si driver mengangguk. Hatinya menggerutu. Tapi belum berlanjut gerutunya, si ibu kasih uang dua puluh lima ribu. "sorry ya mas, ini saya bayar buat dua orang. Daripada saya pesan dua ojek, mending satu, tapi kan mas nya dapat dua bayaran..."
"ah saya jadi malu udah menggerutu" kata si driver.
Lain lagi kisah ojol yang mengantar go food malam hari. Pelanggannya pesan seafood tiga bungkus. "hampir jam sembilan malam, sebenarnya malas banget, mana jauh rumahnya".
Lantaran ia hari itu belum dapat banyak pelanggan. Tetap dijalani orderan itu.
Pesan seafood nggak bisa sebentar. Agak lama memang. Beberapa kali penumpang telepon "masih lama ya mas"
Akhirnya sampailah si driver ke rumah pelanggan. Pelanggan keluar rumah, lalu dia ambil satu bungkus dari tiga bungkus yang dipesan. "bawa aja yang dua mas, anak-anak saya sudah keburu tidur" sambil senyum.
"ya Allah rejeki... " kata si driver. Sore tadi isterinya yang lagi hamil kirim whatsapp katanya lagi ngidam kepengen banget makan seafood.
Saya tanya ke tiga driver tadi. Pelajaran menarik apa yang mereka dapatkan. Meski dengan bahasa berbeda, ketiganya sepakat meyakini bahwa kita harus yakin bahwa Allah selalu punya rencana terbaik. Juga mereka belajar untuk lebih banyak bersyukur.
Meski kadang ada juga pelanggan yang nyebelin (beneran nyebelin, katanya), tapi selalu ada yang bikin mereka tersenyum dan bersyukur.
Anda pasti nanya, keanehan apa yang Bang Gaw berikan buat driver ojol? "biar saya, si ojol dan Allah saja yang tahu"
@bayugawtama
Keterangan foto: nggak ada hubungannya sama ojol
Oya, gara2 bikin tulisan ini di commuterline, saya kelewat 5 stasiun... Ajigiblig....

Oleh Bayu Gawtama
https://web.facebook.com/gaw.gawtama


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Inspiratif : Rumah Si Tukang Bangunan

Kisah Inspiratif : Lelaki Tua dan Selimut

Ibuku Seorang Penjual Gudeg